Kamis, Januari 29, 2009

KEPEMIMPINAN ABAD 21 (1)

Terjemahan Batten, 1989, Joe D., Tough Minded Leadership, New york: American Management Association, pp. 122-132

BAB 13
KEPEMIMPINAN DI ABAD 21

Bagaimana kita dapat mempertahankan aspirasi kita dan pada saat
Yang sama membangun kekuatan dan semangat untuk menghadapi
Kenyataan dimana tidak ada kemenangan yang mudah?
Satu cara adalah pengakuan yang kuat bahwa
memperjuangkan dunia menjadi lebih baik adalah sesuatu yang panjang.
JOHN GARDNER
KEMENANGAN-KEMENANGAN YANG TIDAK MUDAH

Dari kanan dan kiri kita mendengar tangisan kemurungan dan malapetaka tentang masa depan perusahaan-perusahaan amerika. Seni perbaikan cepat dan solusi satu menit berlimpah-limpah. Percobaan-percobaan untuk mengerti dan menandingi si jenius jepang yang produktif berkembang biak seperti kelinci-kelinci. Teori X, Y dan Z, dan lain-lain mengalir. Seringkali gambaran memperlihatkan banyak perusahaan terkenal sebagai raksasa-raksasa penghadang. Yang terbesar adalah pemimpin dengan visi , keberanian, integritas, keuletan, energi dan wawasan dalam berbagai kemungkinan yang menggairahkan dan kemungkinan revolusioner di masa depan. Satu diantara kebutuhan yag paling besar bagi pemimpin sekarang ini adalah kebutuhan untuk mengantisipasi perubahan dan mempersiapkan diri untuk masa depan.
Pemimpin-pemimpin managemen generasi yang akan datang tidak oleh orang yang memiliki gelar master atau lulusan satu atau dua kesarjanaan. Mereka bukan ahli keuangan, sales yang hebat, atau ahli analisis. Mereka adalah orang yang bisa mempengaruhi orang lain, yang dapat bekerja sama dengan banyak individu yang mempunyai bermacam-macam sifat dan pengalaman dan mampu menjadikan suatu kelompok yang bersatu dengan tujuan yang sama.

? INTEGRITAS YANG MENYELURUH

Kualitas pikiran kita hanya akan sebagus kualitas atau integritas kepercayaan dan nilai-nilai kita. Tentu saja nilai total yang kita sempurnakan adalah sejumlah nilai yang kita dengar.
Apakah kita meletakkan etika dan gengsi begitu sering, seperti dorongan yang tidak pernah berakhir untuk kesenangan yang lebih besar, lebih banyak waktu luang dan lebih banyak uang? Apakah masyarakat bisnis membantu integritas negara atau berbalik memasuki kelesuan? Tanpa petunjuk-petunjuk positif dan gubernur-gubernur yang terjatuh karena integritas personal, mampukah kita menemukan diri kita sendiri dalam lingkungan pusat ketamakan diri? Sudahkah kita diturunkan ke bawah oleh sifat ketamakan dalam skandal yang besar (untuk contoh, kejahatan insider trading Wall Street pada tahun 1987)?
Adakah dalam kenyataaannya integritas dalam transaksi bisnis yang tidak disertai atau diikuti oleh pelayanan yang sangat bagus? Ketamakan dan kebaikan dari pelayanan sederhana tidak berhubungan. Pemimpin yang kuat mengambil langkah untuk meyakinkan bahwa organisasi di pandu oleh kriteria etika sebersih kristal dalam semua area dan tingkatan. Berikut adalah saran – saran Saya (penulis):

1. Saya akan hidup dengan alasan bahwa untuk kelangsungan bisnis saya dan menjadi eksekutif yang baik, saya harus membuat produk dengan kualitas terbaik mungkin dengan biaya yang minim, memasarkannya secara kompetitif, dan memperoleh keuntungan optimum yang sah.
2. Saya akan mengakui bahwa sumber daya terbesar dalam bisnis saya adalah anggota tim dan kawan-kawan saya.
3. Saya akan menolak mengambil keuntungan pada suatu situasi yang bisa merugikan reputasi perusahaanku.
4. Saya akan menolak mengambil keuntungan dari suatu kesempatan bisnis jika akan melanggar moral, budaya dan peraturan hukum yang saya percaya menjadi dasar kehidupan sosial.
5. Saya akan selalu mencari jawaban yang positif, konstruktif, dan membangun untuk mengatasi problem anggota tim saya. Saya akan menunjukkan kepercayaan diri saat krisis.
6. Saya akan berusaha mengembangkan kejujuran untuk menegakkan hukum; tujuan saya lebih penting daripada peraturan.
7. Saya akan mempraktekkan –batasan peraturan- membangun keterusterangan, pengertian dan membantu dengan sepenuhnya pada semua yang bertanya.
8. Saya akan mendiskusikan masalah-masalah dengan jujur dan perhitungan, menyelesaikannya dan mengatasinya untuk menjadi pengetahuan dan kemampuan terbaik. Saya akan bertanya dan mendengarkan.
9. Saya akan manunjukkan bahwa persaingan dan kerjasama membangun negara kita dan saya harus membantu untuk selalu eksis hingga masa yang akan datang.
10. Saya akan percaya bahwa 10 peraturan hukum akan menjadi petunjuk hukum dan inspirasi saya.

Pemimpin yang kuat terlihat dalam segala perspektif. Mereka tahu bahwa harga utama harus bagaimana dibayar. Mereka tahu bahwa kepalsuan berakhir hingga seseorang membangun hidupnya dalam perputaran sistem nilai yang berani, berhati-hati, berbagi, ia akan dengan mudah menuju kepalsuan dan kehilangan keberadaan.
Kenyataannya pria atau wanita yang ingin memimpin dibantu dengan prinsip-pronsip di bawah ini:
Banyak melayani
Banyak mengerti
Banyak keberanian
Banyak berbagi
Banyak wawasan
Banyak harapan
Banyak memberi
Banyak hidup
Banyak cinta
Banyak tumbuh
Banyak memperkuat dan memperbaharui
Banyak mencoba
Mencari peluang dan kesempatan
Mempunyai perasaan senang
Mempunyai program fisik, mental, psikis yang spesifik
Mencatat penilaian orang lain sebagai dasar kelemahan mereka – untuk mengevaluasi disamping potensi kekuatan dan peluang mereka.

Kebenaran dan etika dapat menjadi kekuatan ketika mereka memusatkan dan mencoba dengan efektif. Banyak pikiran kebahagiaan untuk pemimpin:
• Berpikit apa yang seseorang dapat kerjakan, dan seharusnya dikerjakan, lebih baik daripada keburukan yang dapat dikerjakan atau mungkin dikerjakan
• Jarang atau tidak ada perencanaan dapat mengacaukan
• Menjauhi godaan dengan cermat untuk membangun dengan cepat. Membuat keterusterangan dan keterbukaan dihargai.
• Menyatakan bahwa kamu mempunyai kepercayaan diri dan siap setiap waktu bertemu atasan.
• Mengingat bahwa kehangatan dan keluwesan yang nyata tidak dapat ditunjukkan selama kamu tidak dapat menguasai diri sendiri
• Memberi kebebasan. Belajar untuk menghargai hak.
• Jangan buta dengan orang lain tetapi harus tahu siapa yang telah membantu kamu.
• Mencoba untuk membangun citra diri dengan tindakan yang positif. Jika kamu telah mencoba untuk mengesankan orang-orang dengan merendahkan nilai, tunggu!
• Mempunyai kemauan untuk mengubah yang dapat diubah, ketenangan menghadapi yang tidak dapat, dan kesabaran untuk mengetahui perbedaan
• Menjadi berempati dengan orang lain.

Bagaimana pemimpin dapat mencapai integritas? Menemukan keefektifan, disiplin diri, dan kamu akan seperti menemukan seseorang yang:
• Menemukan komitmen dan memberikan loyalitas
• Menepati jadwal
• Sehat fisik, mental dan spiritual
• Mengerti dan merasa baik dirinya
• Individu yang kuat (integritas sama dengan kuat)
• Bekerja dengan hasil, tidak aktivitas
• Menjaga kebenaran dengan cermat
• Memperbaiki kelemahan diri dan mengoptimalkan kekuatan diri
• Mengetahui kreatifitas yang baik tidak mungkin tanpa kerja keras dan usaha berkesinambungan
• Meningkatkan kesehatan dan stamina
• Dapat mengidentifikasi dan mengatasi hal-hal yang sepele
• Mempunyai hubungan pribadi yang bahagia
• Selalu berempati
• Menghindari pengaruh politik
• Memupuk persahabatan, memberikan contoh dan membangun hubungan kerja yang komunikatif
• Tidak mengendorkan toleransi dengan yang lain
• Mendiskusikan kesulitan dengan segera
• Menemukan pusat masalah dan menyelesaikannya
• Tidak toleransian dengan hilangnya integritas

Integritas tidak hanya kata yang indah. Itu penting, hasil dan substansi dari semua yang bermanfaat.

? MENJADI ORANG BESAR

Pemimpin hari ini dan yang akan datang harus seseorang yang besar. Hal itu bukan berarti berat secara fisik. Saya mengartikan pemimpinan yang mempunyai tujuan, visi, impian, komitmen dan dedikasi yang luas. “Apa pekerjaan saya” enam belas CEO membicarakan tentang karir dan komitmen mereka, Thomas R. Horton bersama Richard A. Zimmerman, ketua dan CEO Harshey Foods:

Diantara CEO yang saya tahuKebanyakan orang-orang yang sukses mempunyai pandangan yang sangat positif. Setiap CEO telah menjadi cheerleader. Pada saat itu kamu akan merasa bahwa kamu dapat menunjukkan sebuah seri skenario kemalangan untuk perusahaanmu, dan dengan segera kamu ada di posisi terbesar untuk mengerjakan itu; kamu masih menjadi cheerleader pada sebagian waktumu…….Ya, kita tahu itu akan dipikirkan, tetapi cepat dapatkan itu! Kamu selalu membutuhkan perhatian seseorang yang mempunyai banyak atribut yang saya lihat di sebagian besar CEO.

Dan yang lain,

Penting sealu mempunyai visi yang akan dituju dan CEO terbaik selalu mempunyai visi.

Marisa Bellisario, CEO Persatuan Telekomunikasi Italiana, percaya:

Selalu banyak jalan yang saya ambil………….setiap sayamelakukan pekerjaan, saya tidak pernah berpikir saya tidak dapat melakukan itu?

Pemimpin yang kuat merasa, menunjukkan dan mengekspresikan kepercayaan diri! Mereka senang dengan berbagi kekuatan, autoritas dan kepercayaan.
Portia Isaacson, Intellisis CEO, mengatakan:

Saya yakin bahwa bagi banyak orang tindakan saya pada permulaaan intellisys adalah aneh….. Saya kelihatan dapat benar-benar gagal, namun saya kira saya tak peduli. Saya tidak memikirkan semua itu. Ttidak berakibat padaku bahwa kami bisa gagal.

Eksekutif yang kuat seharusnya membutuhkan pengertian yang dalam tentang “berpikir positif”. Hal ini berarti lebih dari sekedar mengerti untaian kata-kata. Pemimpin2 harus mempertimbangkan implikasi-implikasi khusus dan ini harus dipunyai pemimpin masa depan. Robert H. Waterman, Jr, mengatakan:

Sebuah sikap yang disebut FUD – Ketakutan, ketidakpastian dan keraguan—adalah kebalikan dari optimisme yang kuat yang diperbaharui secara terus menerus.

Waterman juga berkata:

Tidak ada pemberhentian IBM, kebijakan tenaga kerja, seperti perusahaan itu sendiri, adalah optimisme yang kuat dalam tindakan. Hal ini berdasarkan pada penghormatan pribadi, suatu ajaran yang melekat dalm budaya perusahaan dan dipusatkan pada semua pembuat keputusan manajemen.

Seperti raksasa, perubahan yang sangat penting dari G force yang telah lalu menjadi G force masa depan yang terbentang. Hadiah terbesar akan selalu menjadikan anda pemimpin. Semua pertumbuhan adalah pertumbuhan itu sendiri. Semua tim G yang positif memimpin manajemennya sendiri. Kamu dapat mengatakan dengan keras, mereka ingin mendengar apa yang kamu katakan!
Warren Bennis percaya bahwa:

Yang pertama, pemimpin yang benar memimpin dengan integritas penuh, dimana karir dan kehidupan personal mereka selalu baik dan harmonis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar