Kamis, Januari 29, 2009

WARUNG ILMU : Mencerdaskan Anak Bangsa

oleh : Tata Sutabri S.Kom, MM

Pedulikah kita dengan dunia pendidikan ?
Generasi muda Indonesia, waktu dan perhatiannya sudah tersita oleh game dan internet. Pemakaian warung internet (warnet) yang tersebar dimana-mana saat ini, pemanfaatannya oleh konsumen dirasa masih kurang mencerdaskan pemakai yang notabene-nya kaum muda. Belum lagi mereka yang kecanduan game.

Coba lihat disekitar anda, bahwa warnet dan gamestation sudah ada dimana-mana, anak-anak usia sekolah dan orang dewasa menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game, sekarang sudah pada tingkat yang sangat memprihatinkan dan para orangtua semakin kebingungan karena anak-anak mereka sudah kecanduan Game. Orangtua sudah dibebani dengan biaya hidup yang tinggi dan Juga Pendidikan yang mahal termasuk buku-buku. Adakah tempat yang bisa membuat orang menjadi pintar dengan biaya yang sangat terjangkau dan diajarkan oleh Guru/Pengajar/Dosen yang Professional melalui modul e-learning ? …sekarang ada !! dengan memakai konsep WARUNG ILMU.

WARUNG ILMU, hadir sebagai paradigma baru pendidikan alternatif home schooling berbasis kepada knowledge management dengan model one-stop learning.

Konsep WARUNG ILMU ini hadir sebagai alternatif media belajar untuk anak-anak, remaja, dewasa bahkan orang tua dimana mereka semua dapat belajar dengan fleksibel tanpa terikat dengan jadwal, ruang dan waktu, serta sangat menyenangkan, KARENA :
1. Interactive Multimedia dengan gambar, suara demo panduan dan iringan musik.
Dapat diulangi sesuka hati, hingga anda mengerti.
2. Bahasa Pengantar, Bahasa INDONESIA & INGGRIS.
3. Salah satu cara inovatif yang dapat digunakan untuk melakukan dan mendistribusikan Ilmu Pengetahuan di segala bidang.
4. Sangat Membantu untuk meningkatkan kemampuan SDM.
5. Juga sebagai salah satu Solusi ‘Pendidikan murah’.

WARUNG ILMU merupakan sebuah model e-learning yang disajikan secara autodidak dalam bentuk modul simulasi & audio visual interaktif dengan dipandu oleh virtual tutor secara professional. Pola e-learning ini apabila dilakukan secara konsisten dan kontinyuitas, akan membantu proses belajar dengan tingkat pemahaman yang lebih baik.

Secara teknis materi yang diberikan di WARUNG ILMU merupakan sekumpulan CD Interaktif Tutorial Pendidikan yang dikolaborasikan menjadi sebuah database knowledge management yang disimpan di HardDisk dan bisa digunakan secara bersama-sama tanpa menggunakan CD atau CDROM serta bisa juga diparalelkan atau dikoneksikan sampai 100 PC. Adapun sampel modul materi pendidikan yang disajikan di WARUNG ILMU adalah sebagai berikut :
Teknologi Informasi.
Graphics Design : Photoshop, CorelDraw, Page Maker, Illustrator.
Animasi : Flash, Director, After Effect, 3Dmax.
Programming : Visual Basic, Ms. Access, Visual C++, HTML.
HardWare/LAN : Cisco, TCP/IP, Netware, Peer to Peer, Intranet.
MS.Office : Word, Excel, Powerpoint, Outlook.
Operating System : Win98, Win2000, WinXP, Linux redHat.
Web Design : Dreamweaver, Frontpage.

Management.
Time Management Skills, Project Management Skills, Finance, Marketing, Information Technology, Software Engineering, dan pendidikan lainnya seperti Pendidikan TK, SD, SMP, SMU, Perguruan Tinggi, Kedokteran, dan lain sebagainya.

Konsep ini sangat menguntungkan karena konsep ini bisa menyatu dengan Lab. Komputer, Lab. Bahasa, perpustakaan Sekolah, Warnet atau Café & Library, Perkantoran, Lembaga Pendidikan, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Keliling yang sudah di modifikasi dan mempunyai beberapa PC atau Notebook, Perumahan & Tempat Umum atau untuk Perpustakaan Pribadi yang mempunyai Beberapa PC.

Selain itu pula konsep WARUNG ILMU ini dapat dibuat secara independen seperti halnya Warung Internet (WARNET) atau Warung Telekomunikasi (WARTEL). Adapun keuntungan yang didapat oleh pengguna WARUNG ILMU secara independen adalah :
1. Dapat melengkapi aktivitas belajar.
2. Menghemat waktu dan Biaya.
3. Cara belajar yang aman dan sehat.
4. Mengurangi biaya belajar dan pelatihan.
5. Mengoptimalkan kualitas belajar.
6. Praktis, dapat dilaksanakan kapan saja.
7. Bebas repot dan bebas ruwet

Sementara itu sebagai prosedur operasi pada dasarnya WARUNG ILMU bisa menjadi sarana pendidikan alternatif dengan beragam pilihan pelajaran interaktif. Sedangkan mengenai cara atau prosedur pengoperasian WARUNG ILMU amat sederhana yaitu :
1. User tinggal memakai headphone atau active speaker + MIC.
2. Kemudian mengklik mouse.
3. User tinggal memilih program yang dinginkan mulai dari Ilmu Pengetahuan umum, Pendidikan anak-anak, Bahasa Inggris, Calistung, komputer, agama, kedokteran, teknik, multimedia dan masih banyak seri pendidikan lainnya.
4. Tanpa menggunakan CD dan CDROM.

Oleh sebab itu program ini sangat membantu bagi masyarakat sebagai media alternatif belajar, sehingga disebut sebagai Program Pendidikan melalui WARUNG ILMU. Adapun mengenai tujuan dari gagasan WARUNG ILMU adalah :

1. Program ini salah satu cara inovatif untuk dapat dipakai dengan melakukan dan mendistribusikan ilmu pengetahuan di segala bidang.
2. Juga sebagai solusi pendidikan yang murah, praktis dan komunikatif.
3. Sangat membantu bagi para siswa pelajar TK/SD/SMP/SMU, guru, mahasiswa, dosen dan masyarakat umum lainnya.
4. Hemat biaya dan tidak memerlukan koneksi ke Internet.

Kelebihan lain dari WARUNG ILMU adalah mengajarkan ilmu pengetahuan yang dibimbing oleh virtual tutor secara professional yang sangat berpengalaman pada bidangnya yang sudah disusun berbentuk Modul Simulasi & AudioVisual Interaktif. Anda tidak perlu lagi membaca Buku yang tebal dan memusingkan, namun cukup belajar secara multimedia dengan memperhatikan demo-demo dan mencoba langsung teknik-teknik yang ditunjukkan. Bayangkan Jika hal ini bisa menjamur seperti warnet, waltel dan PS-2 Game Station, masyarakat yang memiliki dana pas-pasan bisa belajar & menambah ilmu setara dengan lembaga pendidikan/Perguruan Tinggi/Kursus, yang tentunya dengan biaya sangat terjangkau.

Menatap masa depan berarti mempersiapkan generasi muda yang memiliki kecintaan terhadap pembelajaran dan merupakan terapi kesehatan jiwa bagi anak bangsa, harapan kami semoga program belajar ini mudah dan menyenangkan menjadi solusi belajar dan media alternatif untuk meningkat SDM dalam penguasaan teknologi komputer sehingga kita bisa mempersiapkan tenaga handal ditengah kompetisi global. mulailah dari diri sendiri untuk berbuat sesuatu guna menciptakan pendidikan kita bisa murah karena ini akan menyangkut masa depan anak-anak kita dan Juga Bangsa Indonesia.

1 komentar: